Langsung ke konten utama

Unggulan

Kaitan Modul Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Universal dengan Paradigma dan Visi Guru Penggerak

  Modul Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Universal  merupakan kelanjutan logis dari pemahaman tentang  paradigma dan visi Guru Penggerak . Jika kita melihat ketiga modul ini sebagai sebuah kesatuan, maka akan terlihat sebuah alur yang jelas: Paradigma Guru Penggerak:  Modul ini memberikan fondasi tentang perubahan peran guru dari sekedar pengajar menjadi pemimpin pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada murid. Praktik Pembelajaran Berpusat pada Murid:  Modul ini mengelaborasi lebih lanjut tentang bagaimana menerapkan paradigma Guru Penggerak dalam praktik sehari-hari, dengan fokus pada kebutuhan dan potensi unik setiap siswa. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Universal:  Modul ini memberikan alat dan kerangka kerja untuk membuat keputusan-keputusan yang etis dan berdampak positif dalam konteks kepemimpinan pembelajaran. Kaitan yang Lebih Detail: Nilai-nilai Universal sebagai Landasan:  Nilai-nilai universal seperti keadilan, integritas, dan empati yang menjadi dasar dalam mo

Cara Membuat NPWP ONline



Ok jadi kali ini saya ingin buat video tentang tutorial tutorial cara mendaftar atau registrasi NPWP secara online Jadi sebenarnya video ini saya buat karena kemarin tuh saya habis buat video tentang informasi pajak Amerika Serikat yang di Google Adsense itu nah terus banyak yang tanya karir Gimana cara buat NPWP dan segala macamnya itu makanya saya buat video ini  biar nanti Kamu juga nggak bingung gitu gimana sih cara daftar NPWP dan sekarang juga bisa daftar online  jadi makanya saya bakal buat tutorialnya buat kamu. 

Sebelum kita lanjut ke tutorial yang mungkin di sini ada yang bertanya-tanya Apa sih singkatan dari NPWP itu, jadi NPWP itu singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak nah NPWP ini itu fungsinya buat apa sih  Hai jadi NPWP ini tuh banyak sebenarnya fungsinya ya sebenarnya ini salah satu dokumen penting di Indonesia tapi karena sebagian warga Indonesia menganggap tidak penting jadi masih banyak yang belum buat NPWP Contohnya saya saya juga baru buat kemarin. Eh Nah jadi biasanya NPWP itu sering digunakan kalau misalkan kita mau ngelamar kerja terus mau buka buku rekening Terus mau ngajuin kredit di bank Terus mau buat perizinan untuk mendirikan usaha atau SIUP gitu ya sebenarnya banyak fungsinya dan ini juga berguna untuk kamu yang belum setting informasi pajak Google Adsense yang Amerika Serikat kemarin tuh.

Kalau misalkan kamu punya NPWP itu potongannya jadi 10%  makanya jadi lebih murah kan Nah fungsi NPWP sendiri itu untuk lebih memperkecil biaya pajak supaya bayar itu lebih murah kalau misalnya kita tidak punya NPWP kan bakal kenanya tuh lebih besar ya 30% yang untuk informasi pajak kemarin tuh. Nah makanya di sini buat yang belum punya langsung aja buat NPWP nya dan ini semuanya tidak ada biayanya gratis buatnya dan buat juga online langsung aja kamu ikutin tutorialnya.

Oke untuk rangkaian pertama,  sekarang Disini langsung aja kita buka browser di sini saya pakai Google crhom seperti biasa langsung aja di sini kamu ketik NPWP Online langsung aja, Nah setelah muncul tampilan seperti ini. Ini kamu klik yang kedua ini ya yang pendaftaran saya langkah satu dari dua ini langsung aja kamu klik setelah diklik tampilannya akan seperti ini . Ini adalah pendaftaran saya dulu ini langkah pertama kamu Langsung aja isi alamat email kamu pastikan emailnya yang biasa kamu pakai dan juga aktif ya  sudah langsung diisi terus salin kode captcha yang ada di sebelah kanan. 

Contohnya kayak punya saya dan kalau udah langsung aja klik daftar lalu akan muncul tampilan seperti ini sukses Nah kalo udah sukses seperti ini kamu tutup terus Kamu tunggu skitar 2-3 menit dan kamu checkin kamu Oke  Jadi kamu buka email dan nanti bakal dapat email seperti ini langsung aja di sini kamu Klik tautan yang link verifikasi next sekarang kita masuk di pendaftaran saya Langkah kedua tampilannya akan seperti ini disini jenis webnya kamu pilih yang orang pribadi ya, kalau misalkan kamu untuk perorangan kalau untuk badan kamu pilih yang badan nah terus isi nama sesuai KTP kamu ya nama yang ada di KTP kamu isi dan tanpa gelar ya.

Jadi kalau misalkan kamu punya gelar S1 apapun itu di skip dulu namanya aja cukup terus isi alamat email yang tadi kamu udah daftarkan juga lalu selanjutnya di sini kamu buat password untuk kamu ini. Terus Kamu ulangin passwordnya dan isi nomor handphone ya dan Pastikan nomor handphonenya ini nomor handphone yang lagi kamu gunakan Yang pastinya itu aktif ya nomor dan dibawa ada pertanyaan keamanan sepertinya ya disitu ada beberapa pilihan Nanti kamu pilih aja di sini saya.

Hai yang nama SD saya gitu Terus kalo udah langsung isi jawabannya dibawahnya dan selanjutnya di sini kamu salin lagi kau dekat hanya ada di sebelah kanan nih Contohnya kayak punya saya terus langsung klik daftar setelah klik daftar akan ada tampilan seperti ini dan tumbuh lagi sekitar satu sampai tiga menit lalu nanti langsung cek email kamu ya nanti bakal dapet email lagi oke. kamu langsung klik aja tautan yang Link aktivasinya. 

Nanti kita bakal langsung diarahkan ke website untuk mulai pendaftaran NPWP nya OK langsung aja di sini kamu login ya pakai email yang tadi dan juga password yang tadi dan di sini ada kode captcha lagi kamu isi kode kerjanya dan langsung klik yang login.Setelah login dan ini ada 10 step yang harus kamu isi ini formulirnya ya dan dikotil Duri pertama di sini ada kategori pajak langsung aja kita mulai untuk kategori wajib pajak kamu bisa pilih disesuaikan sama kondisi dan juga keadaan kamu di sini. contoh ada orang wanita yang telah hidup berpisah istri dengan perjanjian pemisahan istri milik menjalankan hak dan kewajiban nah ini kamu pilihnya yang sesuai sama kondisi kamu kalau di sini saya pilih yang orang pribadi untuk status pusat cabang ini kamu pilih aja yang pusat dan langsung kita Scroll ke bawah di bagian kewarganegaraan ini kamu pilih yang WNI dan untuk validasi wanginya di sini kamu masukin Nik dari KTP dan juga Nik dari kartu keluarga kalau udah langsung aja masukin kode captcha nya lagi nih seperti contoh yang saya lampirin terus langsung klik yang cek Nah kalau udah nanti kalau validasi nicknya sukses. kamu langsung klik yang next untuk step kedua di sini kita isi identitas wajib pajaknya nah yang pertama ini mulai dari nama-nama disesuaikan sama KTP nya

Kalau kamu punya diinput gelar belakang juga dan lanjut di tempat atau tanggal lahir di sini saya juga udah isi Terus lanjut ke status pernikahan kalau saya kan belum menikah jadi saya pilihnya tidak kawin kalau kamu udah menikah kamu pilih yang sudah menikah kebangsaan Indonesia dan untuk di bagian Nick atau nomor pasport ini kamu isi aja nih KTP kamu ya untuk nomor telepon diskip aja kamu Langsung isinya di bagian nomor handphone dan email nya juga pakai email yang tadi sudah kamu daftarkan untuk nomor fax diskip dan langsung klik Next step ketiga kita isi sumber penghasilannya untuk di bagian Sumber penghasilan Ini kalau misalkan kamu pekerjaannya sama kayak saya ya contohnya kaya freelance kayak gini pengangguran gak jelas gitu kan content Creator kamu bisa ikutin aja isian seperti yang saya isi di sini ya kalau misalkan kamu berbeda ya kamu tinggal sesuaikan saja sama kondisi kamu mulai dari klasifikasi usaha di sini kamu bisa sesuaikan kalau kamu PNS kamu kali PNS kalau kamu Anggota militer pilih Anggota militer pensiunan silakan dipilih.

 Nah karena di sini saya tidak ada hubungan sama pemerintahan gitu pekerjaannya jadi saya pilihnya yang pegawai swasta Nah langsung aja dipilih terus dicentang in aja tuh yang bagian pekerjaan dalam hubungan kerjanya terus uraian pekerjaannya apa kamu tulis kalau di sini kan saya kan content Creator. jadi saya isinya konten kreator terus untuk kegiatan usaha nah kegiatan usaha di sini. Kamu cantrang terus pilih bukan pilih kamu input gitu kegiatan usahanya tuh apa Di sini saya kan membuat konten Ya udah berarti saya isi membuat konten untuk merek dagang atau usaha itu diskip aja.

 Dan kalau kamu punya karyawan kamu bisa centang tapi kalau di sini kan saya nggak punya ya saya bener-bener kerja sendiri jadi saya pilih yang tidak dan bagian metode pembukuan atau pencatatan disini kamu pilih aja pencatatan ga usah diubah-ubah lagi ya. Terus yang bagian klasifikasi lapangan usaha ini banyak banget klasifikasinya Jadi kamu bisa sesuaikan sama bidang yang kamu tekuni kalau saya di sini searching nya video di bagian nama KL punya terus pilihnya yang reproduksi media rekaman film dan video kalau saya gitu ya karena kan saya kerjanya kayak gini ya content Creator buat konten jadi saya pilih yang itu kalau kamu beda ya kamu sesuaikan sama klasifikasi Kamu terus pekerjaan bebasnya dicentang dan kamu ini juga kalau di sini kan saya content Creator.

jadi saya isi konten kreator terus selanjutnya langsung aja kamu sesuaikan lagi juga tadi ya yang klasifikasinya sama kayak diatas dan langsung klik yang next Oke sekarang kita masuk di bagian ke-4 untuk pengisian alamat domisili nah alamat domisili ini tuh adalah Alamat tempat tinggal kamu saat ini ya kamu isi nama Jalan Blok nomor Rt Rw kode wilayah Kelurahan atau Desa nah Contohnya seperti ini saya nah kalau saya kan tidak ada bloknya ya alamatnya jadi saya skip yang bagian bloknya Terus yang kedua wilayah itu wajib tadi ya dan juga di sini dilengkapi lagi kelurahan desa Kecamatan kota atau Kabupaten provinsi dan juga Kode Posnya kalau udah langsung aja di klik Next step ke-5 ini adalah identitas mengenai alamat KTP kamu kalau misalkan alamat KTP kamu itu sama-sama alamat domisili kamu tinggal langsung ceklis aja nih yang paling atas sama dengan Alamat tempat tinggal menurut keadaan yang sebenarnya.

Tapi kalau alamat KTP kamu itu berbeda ya kamu bisa isi secara manual ya Contohnya kayak saya gini Saya tuh alamat KTP sama domisili itu tuh berbeda  Makanya sini saya ngisi juga kalau untuk alamat kamu bisa sesuaikan juga sama kayak tadi Nah ini dia contohnya untuk kode wilayah itu wajib ya  kamu bisa searching aja pakai kayak kelurahan sama Kecamatan kamu. Terus kalau udah di sini ada kode pos nomor pondes keep nomor faksimili skip yang kamu isi nomor handphone aja kalau udah langsung di klik Next step keenam.

Disini adalah kamu isi alamat tempat usaha ya Nah di sini saya sama aja karena kan saya usahanya di rumah ya jadi saya langsung di ceklis aja dan dia udah otomatis ke isi gitu sama alamat domisili saya yang tadi Nah kalau misalkan kamu punya tempat usaha yang beda ya kamu bisa isi aja kamu sesuaikan alamatnya.Terus kalau udah selesai semua langsung aja kamu pilih yang next selanjutnya di step ketujuh ini tentang info tambahan Nah info tambahannya ini adalah tentang kisaran penghasilan kamu perbulan kalau saya di sini cantrang yang paling atas ya kurang dari 4,5 karena kan saya ini kan seorang konten kreator dan itu tuh gajinya nggak pernah tetap jadi kadang turun kadang naik terus juga ya nggak stabil gitu istilahnya kalau misalkan kamu gajinya tetap gitu kayak misalkan kamu kerjakan pasti ada gaji tetap pada umumnya kayak gitu kamu sesuaikan aja kalau misalkan di atas 4,5 kamu bisa centang Yang pilihan kedua tuh kalau saya di sini pilihnya yang kurang dari 4,5 kalau udah langsung aja kamu klik yang Next step ke-8 ini tentang persyaratan.

Nah kalau misalkan nicknya tuh udah tervalidasi nggak perlu ada lagi yang harus kamu lampirkan jadi bisa langsung aja klik next Ya tapi kalau misalkan ada persyaratan yang harus dilampirkan ya berarti kamu tinggal lampirkan aja filenya itu dan ini kalau udah langsung aja klik next selanjutnya untuk step ke-9 ini adalah tentang pernyataan.

Nah untuk pernyataan iini kamu bisa ikutin aja checklist checklist yang mana aja yang di ceklis K dan pastinya sebelum dicetuskan kamu baca dulu ya biar kamu paham juga nah kalau udah langsung aja di sini kamu klik next lagi finally akhirnya kita masuk di step terakhir step ke-10 ini tentang pemberitahuan mengikuti tarif umum Rp 23 nah disini kamu baca dulu informasinya Setelah kamu baca kamu ceklisnya yang pertama Ya karena yang pertama ini kan sesuai sama ketentuan dalam PP pemerintahan nomor 23 tahun 2018 yang potongan pajak itu sebesar 0,5% dalam hitungan per bulannya itu minimal kamu dapat 4,5 juta.

Nah kalau udah langsung aja kamu klik yang simpan apakah anda yakin simpan rekam formulir kamu pilih ya Dan nanti tampilannya akan seperti ini tampilan dashboard nya ya. Nah selanjutnya disini kamu itu request token ya di sini ada status pendaftaran NPWP nya Nah statusnya masih lengkap terus di sini kita ingin biar statusnya itu terverifikasi disini juga ada tempat kita daftar ininya ya ini keterangannya Pratama Pondok Aren gedung l Kampus STAN Bintaro nih Saya terdaftarnya di ktp-nya yang ini  terusin langsung aja kamu klik yang minta token jangan lupa this. Hai kamu masukkan kaca lagi ya seperti tadi dan langsung klik submit dan sukses token berhasil dikirim ke alamat email yang udah kamu daftarkan dan kamu tunggu sekitar satu sampai lima menitan Nanti kamu bakal dikirimin email yang berisi dari token yang udah kamu request ini kamu klik tutup aja dan sekarang kita bakal cek di email ya oke. ini dia tampilan emailnya yang berisi token yang tadi udah kamu request di tampilan dashboard dan sekarang langsung aja token ini kamu salin dan kamu kembali lagi ke dashbor untuk input si tokennya ini Nah saya udah kembali lagi dalam tampilan dashboard status pendaftaran NPWP di sini kamu Langsung aja input tokennya tadi udah kamu salin kamu klik kirim permohonan.

Hai terus selanjutnya di sini ada surat pernyataan disini kamu baca dan kalau udah kamu checklist dua-duanya terus input si tokennya dianggap Giant isi token ini ya Nah kalo udah kamu langsung klik aja yang kirim Yey finally akhirnya ini tuh Kamu udah dapet notifikasi tentang proses mendaftarnya itu sudah diverifikasi  nah bakal dapat ketenangan seperti ini kalau kamu ngikutin survei silakan kalau nggak langsung aja klik yang lewatkan ya terus selanjutnya di sini nanti statusnya bakal verifikasi seperti ini dan nomor NPWP nya sudah tertera ya keren banget kan gampang kan caranya dan gak perlu bayar sama sekali oh iya.

Saya juga mau kasih tau ke kamu jadi nanti Kamu juga bakal dapet email lagi dan isi email yaitu tampilan dari bentuk NPWP yang udah tadi kamu buat  jadi kayak tampilan elektroniknya gitu ya Nah seperti ini nih tampilannya kayak punya saya udah ada ke dengan Nomor Pokok Wajib Pajak edan bisa didownload juga karena ada tampilan PDF yang kalau misalkan kamu pengin download ya terus juga nanti kamu bakal dapetin lagi yaitu adalah email tentang pemberitahuan pengiriman kartu NPWP nya ke alamat domisili kamu.

Nah ini dia  tampilan emailnya tentang pernyataan kalau kartunya bakal dikirim sesuai sama alamat yang udah kamu daftarkan. Oke  jadi tadi itu dia step by stepnya Bagaimana cara mendaftar atau registrasi online untuk pembuatan NPWP cukup mudahkan dan semoga ini bisa berguna yah untuk kamu yang ingin daftar NPWP Oke  jadi tadi itu dia video tutorialnya Step By stepnya cara registrasi untuk NPWP secara online ya gimana Menurut kamu cukup mudahkan dan itu udah bisa digunakan juga  NPWP nya jadi, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Sumber: https://youtu.be/ncYyNSGdfRA

Komentar

Postingan Populer